Symbolic Convergence Theory (Review + Contoh)
SYMBOLIC CONVERGENCE THEORY
Bales
menemukan bahwa mendramatisir adalah tipe yang signifikan komunikasi yang
sering menumbuhkan keterpaduan kelompok. Mendiang profesor komunikasi di
Universitas Minnesota yaitu Ernest Bormann, ia menemukan temuan Bales dan melakukan
studi yang lebih luas terhadap kelompok – kelompok yang baru dibentuk untuk
diteliti kemunculan kepemimpinannya, pengambilan keputusan, norma, keterpaduan,
dan sejumlah fitur lain dari kehidupan berkelompok.
Hampir
mirip dengan Bales, Bormann dan tim rekannya mengamati kelompok itu anggota
sering mendramatisir (dramatizing)
peristiwa yang terjadi di luar kelompok, hal-hal yang terjadi tempat di
pertemuan sebelumnya, atau apa yang mungkin terjadi di antara mereka di masa
depan. Kadang kisah-kisah ini gagal dan diskusi pun berubah arah. Namun di lain
waktu anggota kelompok menanggapi dengan antusias dengan menambahkan pada
cerita atau dikejar dengan narasi yang cocok mereka sendiri. Ketika drama
ditingkatkan dengan cara ini, para anggota mengembangkan kesadaran kelompok
bersama dan semakin dekat bersama. Atas dasar studi kasus yang luas, Bormann
menetapkan prinsip penjelasan sentral dari Symbolic
Convergence Theory (SCT)
“Berbagi
fantasi kelompok menciptakan konvergensi simbolik”
DRAMATIZING MESSAGES : CREATIVE
INTERPRETATIONS OF THERE-AND-THEN
Bahasa
imajinatif oleh anggota kelompok yang menggambarkan peristiwa masa lalu, masa
depan, atau di luar; interpretasi kreatif di lain tempat dan lain waktu. Symbolic Convergence Theory (SCT) mengklasifikasikan
contoh-contoh ini dan banyak bentuk lain dari berbicara seperti mendramatiskan
pesan dan percaya bahwa percakapan tentang hal-hal di luar apa yang sedang terjadi
sekarang dapat sering melayani kelompok dengan baik. Sama seperti “Membayangkan
kisah-kisah tentang kejadian masa lalu secara artistik mengatur apa yang
biasanya lebih kompleks, ambigu, dan pengalaman kacau.”
Contoh
: Ninda, Lina, Avel, Hana dan Tina pergi ke kampus dengan menggunakan kereta
api. Mereka berjanjian mengumpul di stasiun Sudimara jam 12 setelah semuanya
kumpul akhirnya menunggu kereta datang. Mereka mengira kereta datangnya cepat
ternyata kereta datang jam 1 karena sedang ada keterlambatan pemberangkatan. Saat
didalam kereta mereka tidak mendapatkan tempat duduk dan berdesakan karena
didalam kereta itu penuh. Lalu Ninda mengatakan “Kalo tau bakal ngaret dan rame
kaya gini lebih baik tadi kita naik Taxi Online, bisa duduk manis ga pegel. Soal
macet kita bisa hindari lewat tol” kemudian teman – temannya menanggapinya dengan
berfikir / berimajinasi jika tadi pergi ke kampus naik taxi online. Dengan cara
seperti ini teman / anggota yang lainnya akan merasa antusias.
FANTASY CHAIN REACTIONS :
UNPREDICTABLE SYMBOLIC EXPLOSIONS
Fantasy Chain atau
rantai rantai fantasi adalah ledakan simbolis dari kesepakatan yang hidup dalam
suatu kelompok sebagai tanggapan terhadap pesan dramatisasi anggota. Bormann, memesan istilah fantasi untuk
mendramatisasi pesan-pesan yang secara antusias direngkuh oleh seluruh
kelompok. Kebanyakan pesan yang mendramatisasi tidak mendapatkan reaksi semacam
itu. Bormann juga mengatakan bahwa kita dapat melihat rantai fantasi atau fantasy chain melalui respons umum
terhadap citra tersebut.
Contoh
: Salah satu kegiatan tahunan mahasiswa ilmu komunikasi Universitas Al Azhar
Indonesia yaitu mengadakan Inagurasi. Setelah acara inagurasi selesai pasti
selalu diadakan evaluasi untuk tahu dimana saja kekurangan dan kejadian yang
terjadi saat acara berlangsung. Ketua pelaksana inagurasi memberi tahu bahwa ada
kekurangan saat acara berlangsung yaitu kurang mengajak audience untuk ke dekat
panggung agar menyaksikan band – band yang sedang tampil, jadi pada saat band Z
sedang tampil di sekitaran panggung sepi tidak ada yang menonton. Lalu panitia –
panitia berimajinasi jika mereka tadi mengajak audience pasti kejadian ini
tidak akan terjadi dan hal ini akan membuat panitia yang lain untuk memikirkan
inagurasi yang selanjutnya agar tidak terjadi hal yang sama.
FANTASY THEMES—CONTENT, MOTIVES,
CUES, TYPES
Fantasy
adalah Interpretasi bersama yang kreatif dan imajinatif dari peristiwa yang
memenuhi kebutuhan psikologis atau retoris kelompok. Fantasy theme yaitu isi fantasi yang telah dirangkai dalam suatu
grup atau bisa dibilang unit analisis dasar Symbolic
Convergence Theory (SCT). Saat kita melihat, tema fantasi memerintahkan
secara konsisren dn selalu interpretatif. Artinya, tema fantasi bertindak
sebagai retoris berarti mengayunkan orang yang ragu atau penantang.
SYMBOLIC CONVERGENCE: GROUP
CONSCIOUSNESS AND OFTEN COHESIVENESS
Symbolic convergence adalah Dua atau
lebih pribadi dunia simbol cenderung ke arah satu sama lain, datang lebih dekat
bersama, atau bahkan tumpang tindih; kesadaran kelompok, dan kepaduan. Bagi
Bormann, konvergensi simbolis berarti jalan masuk yang “dua atau lebih dunia
simbol pribadi cendurung ke arah satu sama lain, datang lebih berdekatan, atau
bahkan tumpang tindih. " Anggota tidak lagi berpikir dalam hal I, me, dan
mine ketika tumpang tindih simbolik terjadi, mereka mulai berpikir dan
berbicara Tentang we, us, dan ours.
Symbolic Convergence
biasanya menghasilkan kekompakan kelompok yang meningkat, anggota akan tertarik
satu sama lain dan saling menempel melalui kesusahan dan kemudahan. Tapi tidak
selalu, Bormann menganggap konvergensi simbolis seperti biasanya diperlukan
tetapi tidak cukup penyebab kekompakan.
RHETORICAL VISION: A COMPOSITE
DRAMA SHARED BY A RHETORICAL COMMUNITY
Rhetorical Vision atau penglihatan retoris adalah Drama komposit
yang menangkap kelompok besar orang menjadi realitas simbolis umum. Bormann dan
rekan-rekannya mengembangkan prosedur yang disebut analisis tema fantasi untuk
menemukan tema fantasi dan visi retoris yang telah dibuat.
Fantasy Theme Analysis
Analisis tema fantasi adalah jenis
kritik retoris khusus yang dibangun di atas dua asumsi dasar, yang pertama
orang yang menciptakan realitas sosial mereka — sebuah premis yang dibagikan
oleh banyak ahli teori interpretatif dan yang kedua, makna dari orang-orang,
motif, dan emosi dapat dilihat dalam retorika mereka.
Bormann menyarankan agar mencari kritik itu setidaknya ada empat fitur yang hadir di semua penglihatan retoris.
Bormann menyarankan agar mencari kritik itu setidaknya ada empat fitur yang hadir di semua penglihatan retoris.
1. Characters: Apakah ada pahlawan yang harus dirusak dan penjahat untuk dihina?
2. Plot lines: Apakah karakter bertindak dengan cara yang konsisten dengan visi retoris?
3. Scene: Bagaimana deskripsi waktu dan tempat meningkatkan dampak drama?
4. Sanctioning agent: Siapa atau apa yang melegitimasi visi retoris?
The Symbolic Creation of a
Pro-Eating Disorder Rhetorical Vision
Ketika
grup mulai berbagi drama yang menurut Anda akan berkontribusi untuk budaya yang
sehat, Anda harus mengambil drama dan memenuhi rantai. Jika fantasi dapat
merusak, menciptakan paranoia kelompok dan depresi, potong rantai itu jika
memungkinkan. Untuk membangun kekompakan, gunakan personifikasi untuk
mengidentifikasi kelompok Anda. Pastikan untuk mendorong dengan berbagi drama
yang menggambarkan sejarah grup Anda di awal rapat.. Ingat bahwa upaya retoris
yang sadar dapat berhasil memicu reaksi berantai, tetapi fantasi kemungkinan
dapat merubahnya dengan tidak di sangka-sangka.
Contoh kasus
Ada
sebuah Team Cheerleader sebut saja Team Blue. Mereka ingin mengikuti sebuah
perlombaan Nasional yang akan diselenggarakan di Jakarta Selatan. Sudah 3tahun
berturut – turut Team Blue memenangkan juara 2. Saat sedang istirahat dalam pelatihan,
pelatih Team Blue berfantasi dengan teamnya bahwa mereka berhak memenangkan
kompetisi itu sebagai juara 1. Akhirnya membuat Team Blue bersemangat dan tekun
latihan untuk memenangkan lomba sebagai juara 1.
Comments
Post a Comment